TEKNOLOGI PERTANIAN

1.    PertanianKerjasama Selatan-Selatan, Prospek Ekspor Pertanian Indonesia
Laporan Wartawan Kompas Adi Prinantyo

JAKARTA, KOMPAS- Kerjasama Selatan-Selatan melalui Program Pelatihan Internasional Negara Berkembang selain memperkenalkan pengetahuan dan teknologi praktis harus pula menjadi peluang ekspor produk dan peralatan pertanian Indonesia ke sejumlah negara berkembang.
Indonesia dipercaya Japan International Cooperation Agency (JICA) melaksanakan pelatihan teknologi agribisnis kepada sesama negara berkembang (kerjasama Selatan-Selatan). “Indonesia harus memanfaatkan kepercayaan ini sebagai sarana kerjasama sekaligus promosi produk dan teknologi agribisnis Indonesia,” tambah Ato.
Melalui program ini, Indonesia diminta melatih petugas pertanian Afghanistan dalam teknologi agribisnis padi, holtikultura, dan peternakan, khususnya pembelajaran mulai pembudidayaan, pengolahan, sampai pemasaran. Program ini adalah program keempat yang berlangsung sejak tahun 2003. Setiap tahun, 15 perwakilan dari Afghanistan dikirim ke Indonesia untuk mengikuti pelatihan.Heri menyadari, Indonesia juga harus belajar dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya ketika teknologi pertanian justru diadopsi seluruhnya ke negara lain. “Sekitar tahun delapan puluhan kita pernah melatih Vietnam bertani kopi. Sekarang mereka menjadi eksportir kopi yang jauh lebih besar dibanding negara kita,” tutur dia. Oleh karena itu, menurut Heri kerjasama ini harus sama-sama saling mengembangkan. (A01)(http://www2.kompas.com/ver1/Ekonomi/0711/05/175857.htm)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: