analisa potensi negara (quis)

1

1. 1. Potensi utama (konflik) dilihat dari ideologi dan militer Afghanistan

tidak seperti halnya kebanyakan negara-negara di dunia yang dapat diambil sebagai negara yang berpotensi baik dalam factor sumber daya alam atau bahkan sumber daya manusianya, Afghanistan tidak termasuk kategori tersebut, dilihat dari ideologi negara tersebut berubah, awalnya ideologi yang dipakai syariat islam kini berubah ke dalam kompleksitas ideologi yang beragam. Masyarakat dan pemerintah Afghanistan sendiri tersudut ke dalam ideologi yang mendapat gugatan tersendiri dari masyarakat. Bahkan aksi kudeta oleh uni soviet di tambah aksi militer AS di negara Afghanistan semakin menambah potensi konflik negara tersebut. Tragedy 11 september yang menunjuk langsung osama bin laden pelakunya membuat Afghanistan menjadi negara konflik di dunia. Aksi militer AS yang semakin bertambah di Afghanistan menjadikan negara tersebut tidak aman baik untuk masyarakatnya ataupun keselamatan negara tersebut. Kekuatan militer yang ada di Afghanistan yang didalangi oleh AS membuat negara tersebut tersrelimuti oleh kekerasan dan ancaman. jadi saya dapat berkata bahwa potensi yang dimiliki afghanistan yang paling menonjol adalah poensi konflik.

2. 2. Analisa perbandingan negara Afghanistan baik dalam kawasan asia tengah maupun di dunia

Konflik yang terjadi di negara Afghanistan bukan dapat dikatakan berpotensi amcaman atupun menganggu negara tetanggannya atau yang berada di kawasan asia tengah. Kalau berbicara potensi ancaman di kawasan sekitar negara Afghanistan bukan dari factor ancaman yang terjadi seperti di Afghanistan itu sendiri tetapi negara-negara tersebut sebagai tempat untuk mengungsi bahkan beberapa negara bersedia secara sukarela untuk menampung para pengungsi dari negara Afghanistan. Jadi secara tidak langsung negara-negara yang berdekatan dengan Afghanistan bukan mendapat kionfliknya tetapi hanya terganggu oleh segelintir masyarakat yang hanya ingin mendapatkan kenyamanan. Tragedy 11 september yang menjadi latar belakang gencarnya aksi militer AS di negara tersebut yang meminta Taliban untuk menyerahkan osama bin laden menjadi kunci utama analisa perbandingan Afghanistan di kawasan dan di dunia. Jika dilihat dari perkembangannya, potensi ancaman yang diakibatkan oleh Afghanistan malah sangat berpengaruh negative bagi negara-negara dunia terutama negara-negara islam yang ada di dunia. Afghanistan yang mayoritas beragama muslim akibat AS menunjuk dalangnya yaitu warganegara Afghanistan maka kebijakan AS yaitu islam sebagai teroris, ikut menjadikan negara-negara muslim di dunia dicap sebagai teroris, dan imbasnya dunia internasional sudah berhasil di profokatorisme akibat kebijakan Negara Amerika Serikat.

3. 3. Metode analisa sebuah negara dapat berpotensi untuk menjadi negara besar atau negara super power.

· Langkah-langkah negara Afghanistan untuk menjadi negara super power

Kekuatan militer : walaupun bukan angkatan militer Afghanistan tetapi semakin banyak angkatan ataupun alat-alat militer yang di bawa atau bahkan yang akan ditinggal AS nantinya dapat membuat Afghanistan memiliki alat-alat bersenjata untuk dijadikan aset atau bahkan bisa dijadikan pinjaman bagi negara lain serta menjadikan Afghanistan sebagai negara pemilik alat bersenjata terbesar di dunia.

Taliban : AS dan sekutunya beroperasi dan memiliki kepentingan di Afghanistan yaitu untuk meminta Taliban untuk memberikan keinginan AS. Bisa saja dengan adanya tindakan seperti itu Afghanistan dapat menjadi negara yang ditakuti di dunia karena negara-negara di dunia takut osama bin laden akan dapat berada di negara mereka untuk menjalankan aksinya. Dan kata Taliban dapat dijadikan sebagai isu walaupun itu sudah terjadi, yang sangat di perbincangkan di dunia terutama osama. Dengan semakin diperbincangkannya akan semakin terdongkrak popularitas Afghanistan di dunia.

Kebijakan AS : semakin lama AS berada di Afghanistan, semakin membuat Afghanistan menjadi sorotan dan mungkin factor budaya, watak serta kebijakannya mungkin dapat membuat Afghanistan masuk ke dalam jajaran negara yang memiliki banyak keberagaman.

Kalo berbicara masalah sumber daya alam, Afghanistan memiliki sda yang sebenarnya dapat dijadikan potensi untuk membuat negara ini maju tetapi keterbatasan modal, teknologi dan factor konflik yang terus melanda negara ini menjadikan Afghanistan tidak dapat mengeksplor apa yang telah dimiliki. Batu mulia debagai sda yang terbaik di dunia dapat membuat Afghanistan menjadi negara pengimport batu mulia terbesar di dunia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: