Jawaban UTS – ICT

NAMA DOSEN                                       :   H. BUDI MULYANA, S.IP

MATA KULIAH                                     :   ICT

TANGGAL                                             :   24 APRIL 2008

NAMA NEGARA                                    :   AFGANISTAN

NAMA MAHASISWA                            :   ANGGI WULANDARI

ALLAMAT BLOG’S                               :   anggiafganistan.wordpress.com

 

KAPABILITAS POLITIK NEGARA

PAHAM YANG DIANUT

URAIAN

RINCIAN

IDEOLOGI

Republik Islam

Setelah kedatangan AS di Afghanistan Ideologi yang dianut mengalami perubahan yang awalnya dari, menggunakan Syariat Islam yang ketat pada masa Thaliban, di rubah menjadi Republik Ilam  atas “pencaplokan” wilayah secara tidak langsung mempengaruhi sistem pemerintahannya.

Saat ini Afghanistan di pimpin oleh :

Presiden : Hamid Karzzai      wakil :Ahmad Zia Massoud

System pemerintahan : Presidensil

EKONOMI DAN TEKNOLOGI

Ekonomi Afghanistan menganut faham kapitalis yang dalam upayanya untuk pembangunan disana yang hancur akibat perang, mereka memerlukan modal asing untuk upaya perbaikan perekonomiannya, 

Ekonomi Afghanistan ialah sebuah negara yang relatif miskin, sangat bergantung pada pertanian dan peternakan. Ekonominya melemah akibat kerusuhan politik dan militer terkini, tambahan kemarau keras dengan kesulitan bangsa antara 1998-2001. Sebagian penduduk mengalami krisis pangan, sandang, papan, dan minimnya perawatan kesehatan. Kondisi ini diperburuk oleh operasi militer dan ketidakpastian politik. Inflasi menyisakan banyak masalah. Menyusul perang koalisi yang dipimpin AS yang menimbulkan jatuhnya Taliban pada November 2001 dan pembentukan Otoritas Interim Afganistan (AIA) yang diakibatkan dari Persetujuan Bonn Desember 2001,

usaha Internasional untuk membangun kembali Afganistan ditujukan di Konferensi Donor Tokyo untuk Rekonstruksi Afganistan pada Januari 2002, di mana $4,5 juta dikumpulkan untuk dana perwalian yang akan diatur oleh Bank Dunia. Wilayah prioritas untuk rekonstruksi termasuk konstruksi pendidikan, kesehatan, dan fasilitas kesehatan, peningkatan kapasitas administratif, perkembangan sektor pertanian, dan pembangunan kembali jalan, energi, dan jaringan telekomunikasi.

 

DEMOGRAFI

Jumlah Penduduk : 31,889,923 (2007)

Terdiri dari :

1.   Populasi

2.  Bahasa

3.  Agama

4.  Etnic/kesukuan

·    Laki-laki : 15.898.680,                wanita : 15. 158 317.

·    Dua bahasa resmi Afghanistan adalah Persia Afgani yang sering disebut Dari (50%), dan Pashtun (35%).

·    Agama yang dianut Afganistan kebanyakan adalah Muslim Sunni (80%), Muslim Syi’ah  (19%), dan lainnya (1%).

·    Pashto (42%),                                                   Tajik (27%),                                                   Hazara (9%),                                                Bamian ( Uzbek 9%, Aimak 4%, Turkmen 3%, Baluchi 2%),                                             Wahidan Kvrgyz (4%).

MILITER

Jumlah Angkatan Perang: 300.000

Alusista Utama: Kapal Selam

Angkatan bersenjata Afghanistan

·     Tentara Nasional Afghanistan (Afghan National Army (ANA))

·     Tentara Udara nasional Afghanistan (Afghan National Army Air Corps)

·     Angkatan Bersenjata (2005) :                                           Laki-laki dalam usia 22-49: 2,662,946
perenpuan dalam usia 22-49: 2,508,574

·     Kapal selam :                                                                     1. DSV Alvin buatan 1978

·      

 

GEOGRAFI

Nowshak

Daerah yang bergunung-gunung

Gempa bumi

Afghanistan ialah negeri yang bergunung-gunung, walau ada dataran di utara dan barat daya. Titik tertinggi di Afghanistan, Nowshak, ialah 7485 m dpl. Bagian besar negara ini kering, dan pasokan air bersih terbatas. Afghanistan memiliki iklim tanah, dengan musim panas yang panas dan musim salju yang dingin. Negara ini sering menjadi pusat gempa bumi.

Kota-kota utama di Negara ini yaitu:

  1. Ibu kotanya Kabul
  2. Herat
  3. Jalalabat
  4. Mazar-e Sharif
  5. Kandahar

 

 

1. ResumeWekkly news (event)

(A).  Ribuan orang berdemonstrasi di Afganistan Sabtu ini, memprotes pencetakan kembali kartun di Denmark yang menggambarkan Nabi Muhammad SAW.

Kaum demonstran bergerak jalan melalui kota Heart, Afganistan barat, , dengan meneriakkan slogan-slogan yang mengecam Denmark karena menghina Islam.

Kartun itu merupakan satu dari 12 yang mencetuskan aksi kerusuhan maut di seluruh dunai muslim ketika mereka pertama kali diterbitkan tahun 2006. Beberapa surtakabat Denmark mencetak ulang kartun tadi bulan lalu dalam unjuk rasa untuk mendukung kartunisnya, sesudah polisi menyatakan telah membongkar persekongkonglan untuk membunuh artis tadi.

Umat muslim menganggap pennggambaran apapun mengenai Nabi Muhammad sebagai penghinaan.

Demonstran Afganitan juga mengutuk Belanda karena rencana pemutaran film pendek mendatang oleh pembuat undang-undang Belanda sayap kanan Geert Wilders, yang telah mengeam Al Qur’an sebagai buku “fasis”.. (VOA).

Konflik yang terjadi di Afghanistan mencerminkan kondisi yang sebenarnya di Negara tersebut. Masih suburnya bandit-bandit di beberapa wilayah dan juga banyaknya ranjau yang masih terdiam yang seakan-akan bisa meledak menjadi ketakutan tersendiri bagi masyarakat di Afghanistan. Yang terjadi baru-baru ini terjadi penjinak bom tewas ditembak di AfghanistanOrang bersenjata tak dikenal menyerang iring-iringan kendaraan yang berpenumpang para petugas penjinak ranjau di Afghanistan utara, sehingga menewaskan lima orang dan melukai tujuh lainnya, kata direktur perusahaan penjinak ranjau yang didanai Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) kepada AFP. Para penyerang menembak kendaraan pertama dari konvoi itu di provinsi Jawzjan, Afghanistan utara, Ahad, kata direktur konsultan teknik Afghanistan, Kefayatullah Eblagh.

“Tiga orang menghentikan kendaraan dan mulai menembaki mereka tanpa mengucapkan kata apapun. Lima orang tewas dan tujuh orang lainnya cedera,” katanya.

Sampai sejauh itu belum diketahui dari mana orang-orang bersenjata itu. Provinsi itu termasuk daerah yang gawat dengan pemberontakan. Peristiwa yang terjadi di Kabul, Enam warga sipil Afganistan tewas dan 20 orang lainnya cidera dalam ledakan tersebut,” kata Deputi Menteri Luar Negeri Afganistan Munir Mangal. Ledakan bom bunuh diri dengan menggunakan kendaraan Toyota Corolla berwarna putih itu mengakibatkan timbulnya kobaran api yang menjilat beberapa bagian jalan utama yang menuju ke bandara utama Kabul serta merusak beberapa kendaraan lain di sekitarnya.

Pasukan AS dan beberapa kontraktor keamanan internasional nampak mengelilingi lokasi serangan bom bunuh diri setelah terjadi ledakan. Pihak milisi telah melancarkan 160 serangan bom bunuh diri di Afganistan pada tahun 2007. Sementara di provinsi Helmand, Afganistan selatan, pasukan internasional dan Afganistan menggencarkan serangan ke milisi Taliban. Serangan selama 4 jam yang diperkuat serangan udariaberhasil menewaskan 41 milisi, termasuk seorang komandan Taliban.

Masyarakat Afghanistan baru-baru ini menggelar aksi demo yang menentang pencetakan kartun nabi Muhammad di Denmark, hal ini menunjukan bahwa kondisi masyarakat afganistan belum dan bukan hanya di timpa dan dibebankan masalah konflik dan peperangan saja tetapi masalah harga diri dan social juga dipertaruhkan walaupun di wilayah lain. Masalah kekerasan pun sangat aktif disana, orang tua dan anak-anak menjadi korban kekerasan berkepanjangan. Maka dari itu PBB dan sejumlah organisasi internasional bertindak cepat dan tegas untuk mengatasi berbagai bentuk masalah di Afghanistan.

Dewan Keamanan Perseriaktan Bangsa-Bangsa memperpanjang misi politik di Afghanistan. Resolusi yang didukung penuh ke-15 anggota itu bertujuan untuk meningkatkan dukungan bagi pemerintah Afghanistan dalam memerangi kekerasan yang dilakukan gerilyawan. Misi PBB pertama kali digelar di Afghanistan pada tahun 2002.

 

(B). Rakyat Afghanistan tidak pernah menyangka jika serangan teroris ke gedung wtc  Amerika Serikat bakal menambah duka dan peperangan yang terjadi di Negara mereka. Mereka tidak pernah mengenal pasti sosok di balik tragedy 11 september. Satu hal yang jelas, mereka merasakan buntut serangan tersebut. Selain menyebar racun dari tangan kanan, AS pun menabur madu dari tangan kiri. Selain menghujani Afghanistan dengan bom curah dan rudal-rudal pintar, negeri Paman Sam juga melemparkan ratusan ton paket bahan pangan bagi rakyat Afghan. Satu paket bahan pangan tersebut terdiri dari beras, kacang-kacangan, mentega, selai, dan buah. Sayang, bantuan itu tak sampai ke sasaran. Sebab, sebagian besar bahan pangan itu justru jatuh di lokasi tak berpenduduk.  Kebijakan AS yang dipimpin oleh bush dapat mengkondisikan mata dunia internasional untuk menuduh bahwa Negara Afganistan dan osama bin laden menjadi biang kerok atas konflik teroris yang menjadi agenda dunia pada saat ini. Hal ini berkaitan dengan kebijakan luar negeri AS yang memasang masalah teroris untuk dikedepankan, dimana Negara-negara di belahan bumi yang lain ikut merasa ketidakamanan akan hadirnya teroris.

Sehubungan dengan masalah tersebut pada tanggal 13 meret 2008, 41 milisi Taliban tewas di Afghanistan selatan, Kabul. Peristiwa itu terjadi disinyalir adalah bom bunuh diri. Enam warga sipil tewas. Peristiwa ini tidak melibatkan tentara AS kerena tidak satupun dijumpai tentara AS berada di mobil dimana bom itu meledak. Konstelasi peristiwa seperti ini yang belum dapat diketahui dalang dan oknum-oknum dibalik serangan ini. Kebijakan luar negeri AS yang telahberhasil menjadi isu-isu global internasional yang memfokuskan kepada teroris dan bertemakan islam yang menjadi landasan teroris tersebut, banyak menimbulkan persepsi-persepsi yang kurang baik terhadap umat muslim di dunia. Banyak orang-orang dengan di bawah rezim atau kekuasaan tertentu menciptakan aspek-aspek yang menimbulkan sisi yang negative bagi teroris dan khususnya islam. Seperti yang terjadi di Denmark yang mencetak kartun nabi Muhammad yang membuat masyarakat Afghanistan melakukan demo untuk menentang pencetakan tersebut. Hal ini menurut saya sebagai kesengajaan pihak tertentu agar masyarakat internasional dapat mengklaim seefektif mungkin bahwasanya teroris dan muslim harus dijauhi, dengan adanya demo tersebut maka masyarakat internasional beranggapan bahwa masyarakat Afghanistan tidak henti-hentinya mengalami masalah dan konflik untuk menimbulkan spekulasi yang didasari ketidaksengajaan segelintir elit untuk menjatuhkan teroris dan islam. Banyak pihak yang menyatakan bahwa konflik teroris yang terjadi saat ini adalah kerjaan  AS sendiri untuk mencapai tujuan polugrinya dan mencapai tujuan kepentingan nasionalnya. Ada juga yang beranggapan AS sendiri lah yang melatih teroris untuk tujuan kebijaknnya. Di sisi lain AS seolah-olah membantu Negara-negara konflik dan wilayah-wilayah yang diserang teroris tetapi di sisi lain AS lah yang membuat scenario tersebut.

Bila dikaitkan dengan kapibilitas Negara, konflik dan masalah yang terjadi menganggu ekonomi dan ideology Negara Afghanistan. Dimana situasi yang memburuk menimbulkan masalah ekonomi yang buruk pula, misalnya penarikan para investor ke Negara tersebut dan hal-hal ekonomi lainnya. Bila dikaitkan dengan ideology masalah dan konflik yang terjadi di Afghanistan jelas menjadi kajian politik atas dasar HAM, social dan rasa tidak aman bagi rakyat. Maka dari itu hal-hal yang terjadi di suatu Negara akan sangat mempengaruhi kapabilitas Negara baik dalam bidang eksternal maupun internal, walaupun masalah yang terjadi di Negara sendiri ataupun di luar Negara.

 

 


 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: