PERJANJIAN INTERNASIONAL

1. BOON ANGREEMENT

Perjanjian Boon ini merupakan perjanjian sementara untuk Afghanistan mengenai pemerintahan sementara untuk menjalankan pemerintahan di sana, yang mengisi pemerintahan sendiri ditunjuk oelh Dewan Keamanan PBB yang di ambil berdasarkan Resolusi yang disetujui bersama atau secara bulat 1383 (2001), perjanjian ini dilakukan pemerintahan Afghanistan yang porakporanda akibat perang yang dilkukan Amerika di negara tersebut, dengan dalih menghancurkan gembong teroris Al-Qaeda yang merupakan aktor utama peristiwa pemboman WTC tahun 2001Top of ForBottom of Form

2. PREFERENTIAL TRADE AGREEMENT BETWEEN THE REPUBLIC OF INDIA AND THE TRANSITIONAL ISLAMIC STATE OF AFGHANISTAN

Berupa perjanjian yang dilakukan antara India dan Afghanistan untuk memperkuat kerjasama perdagangan antara kedua negara tersebut.

3. AGREEMENT TO STRENGTHENT BORDER COOPERATION BETWEEN AFGHANISTAN, IRAN AND PAKISTAN

Perjanjian dilakukan di TEHRAN, 8 May 2008, yang berada di bawah naungan PBB, mengenai kejahatan transnasional dan peredaran narkotika (United Nations Office on Drugs and Crime(UNODC))

4. Perjanjian penghapusan Utang

Pemerintah Rusia menandatangani kesepakatan penghapusan 90 persen utang Afghanistan yang dibuat pada masa pemerintah Uni Soviet, senilai sekitar 10 miliar dolar AS, sebagai bantuan bagi negara-negara korban perang.

Penghapusan utang itu, yang sebagian besar dibuat saat Moskow menduduki Afghanistan 1979-1989, dilakukan berdasarkan kesepakatan prinsip oleh negara-negara kreditur di forum Paris Club 2006.

Langkah itu dianggap sebagai bentuk dukungan kepada Afghanistan, pasca takluknya rezim Taliban oleh sekutu yang dipimpin AS.

5. Perjanjian Tripartite Agrements negara Afghanistan-UNHCR-Pakistan mengenai perlindungan dan repatriasi pengungsi.

Pada tahun 2002 Afganistan menjadi saksi dari salah satu gerakan repatriasi terbesar, dengan lebih dari 3.2 juta jiwa pengungsi (47 persen wanita dan 53 persen pria) kembali secara sukarela dari Pakistan untuk menata kembali kehidupan mereka. Gerakan repatriasi secara besar-besaran ini mewakili antara lima sampai sepuluh persen dari populasi Afghanistan.

Dalam melaksanakan aktifitasnya, UNHCR tidak dapat berjalan sendiri, tetapi dibantu juga oleh badan-badan internasional lainnya dan juga negara-negara yang bersangkutan, dalam hal ini Pakistan.hal ini sesuai dengan Resolusi 428 Majelis Umum PBB tanggal 14 Desember 1950, yang menyatakan agar pemerintah negara-negara di dunia bekerjasama dengan UNHCR untuk memajukan repatriasi pengungsi secara sukarela. Pakistan telah menjadi tuan rumah bagi para pengungsi Afghanistan selama dua dekade dan merupakan salah satu negara dengan populasi pengungsi Afghanistan terbanyak. Hal ini dikarenakan jarak kedua negara tersebut sangat berdekatan. Untuk itu pemerintah Afghanistan bersama dengan pemerintah Negara Pakistan dan juga dengan organisasi yang menangani masalah pengungsi, yaitu UNHCR bekerjasama dalam menangani masalah pengungsi Afghanistan di Pakistan.

Ketiga pihak ini terikat dalam suatu perjanjian dalam menangani masalah pengungsi, yaitu TripartiteAgreements. Melalui perjanjian ini Pakistan menyetujui bahwa program bantuan repatriasi secara sukarela harus dilaksanakan.

Adapun aktifitas yang dilakukan UNHCR di Pakistan yaitu digalakkannya usaha yang intensif dalam memberikan informasi kepada para pengungsi mengenai peningkatan kondisi di wilayah yang memungkinkan untuk kembali. Langkah-langkahnya termasuk mengidentifikasi wilayah khusus di Afghanistan yang situasinya sudah kondusif untuk kembalinya para pengungsi, meningkatkan penyebaran informasi termasuk dengan menggunakan radio, serta menperbanyak kontak antara komunitas negara dengan komunitas pengungi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: